Anggota DPD RI: Persoalan Harga Pangan Jangan Hanya Jadi Tanggung Jawab Kementerian Pertanian Saja

By Admin


nusakini.com - Anggota Komite II Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Anang Prihantoro di sela-sela mengunjungi konstituennya di daerah pemilihan Provinsi Lampung, Jumat (10/6/2016 ) mengatakan, persoalan harga pangan jangan hanya menjadi tanggung jawab Kementerian Pertanian saja. Karena ketersediaan pangan tidak hanya di gudang tapi bagaimana agar sampai di pasar-pasar desa dan sampai di tangan konsumen," ujar Anang.

Khusus untuk memenuhi kebutuhan lebaran, menurut Anang, fungsi Kementerian Perdagangan, Kementerian Perhubungan dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) juga sangat penting. Kecuali itu, sebaiknya semua asosiasi yang terkait dengan pangan (beras, kedelai, bawang merah, cabai, daging ayam/sapi, telor, dan lain-lain) juga harus aktif, bukannya hanya cari untung saja. 

Menurutnya, pengawasan terhadap penimbun bahan pokok menjelang lebaran juga harus ditindak tegas oleh aparat. Khusus permintaan presiden agar harga daging sapi harus Rp 80 ribu per kilogram, ini hanya mungkin kalau pemerintah mau memberi subsidi kepada pedagang dan produsen (peternak). Tapi jangan sampai daging kualitas jelek yang dijual pedagang atau daging yang kadar lemaknya mencapai 30 persen. 

"Perlu dipikirkan dan dicari solusinya. Kalaupun ada kenaikan harga daging, biarlah dinikmati oleh peternak lokal di desa-desa," tutup Anang.(if/mk)